National Business Plan Competition 2012


"NATIONAL BUSINESS PLAN COMPETITION"
                     
Ø   Periode Pendaftaran dan Pengumpulan Proposal Rancangan Binis (Soft Copy dan Hard Copy) adalah Hari Senin 9 April Pukul 12.00  – Minggu 20 Mei 2012 Pukul 24.00.

Ø  Biaya Pendaftaran dan criteria peserta:
a.      Peserta/delegasi yang ingin mengikuti Lomba Rancangan Bisnis, dan seluruh rangakaian kegiatan nasional HMMI yaitu Entrepreneurship Talkshow, Company Visit, dan Field Trip dikenakan biaya sebesar Rp. 350.000,- / Tim (Maksimal tim 3 orang)
b.      Peserta/delegasi yang hanya ingin mengikuti seluruh rangakainan kegiatan Nasional HMMI tapi tidak mengikuti Business Plan Competition yaitu mengikuti Entrepreneurship Talkkshow, menyaksikan National Business Plan Competition, Company Visit dan Field Trip dikenakan biaya 450.000,-/3 orang, apabila ada tambahan dikenakan biaya 150.000/orang (Maksimal Delegasi 5 orang).

Ø  Seluruh proposal rancangan bisnis yang diterima, akan diseleksi dan dipilih 5 finalis yang akan mempresentasikan rancangan bisnisnya di depan para juri dan seluruh peserta kegiatan, pada hari selasa tanggal 19 Juni 2012 dan akan memperebutkan piala Menko Perekonomian :

            1.                  Juara 1                          : Rp. 5.000.000,- dan Sertifikat + Trophy
            2.                  Juara 2                          : Rp. 3.000.000,- dan Sertifikat + Trophy
            3.                  Juara 3                          : Rp. 2.000.000,- dan dan Sertifikat + Trophy
            4.                  Juara Harapan 1 & 2     : Rp. 1.000.000,- dan Sertifikat + Trophy

Ø  5 tim terbaik akan diumumkan oleh dewan juri pada tanggal 18 Juni yaitu setelah acara Talkshow Entrepreneurship.

Info Lebih Lanjut 
Blog                : www.nbpc2012.blogspot.com
Fb                   : Nbpc Hmjm Unbor
Twitter             : NBPC_2012
Cp                  : Firman Qodri (087792303021)
                          Deni (085695631336)




PENDAFTARAN !!!

Tata Cara Pendaftaran N B P C          :
*      Download Formulir Pendafaran National Business Plan Competition pada Download Area di www.nbpc2012.blogspot.com
*      Kirimkan Formulir Pendaftaran tersebut ke email : nbpc2012@gmail.com
*      Melunasi biaya pendaftaran Rp 350.000/tim selambatnya tanggal 20 Mei 2012. Pembayaran biaya pendaftaran melalui :
Bank BCA
No Rek : 66 902 58 313 a/n ida bagus edy arsa dharma
*      Scan bukti pembayaran harap dikirimkan via email ke nbpc2012@gmail.com dan copy dari bukti fisik pembayaran harap dilampirkan pada saat pengiriman proposal


PENGIRIMAN BUSINESS PLAN PROPOSAL !!!
  • Business plan dalam bentuk soft copy (disarankan dengan format PDF) dan hard copy.
  • Business plan dalam bentuk soft copy dikirimkan selambat lambatnya tanggal 20 Mei 2012 pukul 24.00 melalui email : nbpc2012@gmail.com
  • Business plan dalam bentuk hard copy dikumpulkan dalam bentuk print di kertas berukuran A4 sebanyak 3 rangkap. Hard copy dari business plan dapat dikirimkan langsung, atau melalui pos selambat-lambatnya tanggal 20 Mei 2012 (cap pos) ke:
Sekretariat HMJ Manajemen
Gd. A Lantai 1
Fakultas Ekonomi Unversitas Borobudur
Jl. Raya Kalimalang No. 1
Jakarta Timur – 13620

KETENTUAN/PERSYARATAN LOMBA

  • Peserta merupakan utusan HMJ/HIMA Manajemen 
  • Setiap HIMA/HMJ Manajemen FE universitas hanya mengirimkan  1 tim perwakilan/delegasi.
  • Anggota tim adalah mahasiswa/i  yang berasal dari jurusan manajemen Fakultas Ekonomi
  • Satu tim berjumlah maksimal Tiga orang.
  • Anggota tim merupakan mahasiswa/i  FE jurusan Manajemen tingkat S1.
  • Setiap tim mengirimkan satu buah business plan proposal.
  • Setiap tim dikenakan biaya pendaftaran Rp 350.000,-
  • Paper yang dikumpulkan tidak boleh melebihi 20 halaman dari jumlah halaman keseluruhan.
  • Business Plan yang dilombakan belum pernah diikutkan dalam acara/kompetisi serupa.
  • Business Plan yang dilombakan merupakan karya orisinal yang bukan merupakan bentuk plagiarisme dari rencana bisnis yang sudah ada
  • Proposal ide bisnis yang dikompetisikan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut
  • Proposal ide bisnis yang dikompetisikan tidak mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema pyramid
  • Business Plan yang diikutsertakan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata.
  • Tema Business Plan adalah Semakin Efisien, Semakin tinggi kreatifitas
  • Prpoosal business plan  bersifat inovatif, kreatif, memiliki unsur Coorporate Social Responsibility (CSR)
  • Modal maksimal untuk membuat business plan ini sebesar Rp 500.000.000,-
  • Seluruh proposal business plan yang diterima pihak panitia akan diseleksi secara profesional dan adil oleh dewan juri yang berkompeten berdasarkan kriteria penilaian dan dipilih lima terbaik yang akan diumumkan oleh dewan juri pada tanggal 18 Juni 2012 yaitu setelah Talkshow atau sehari sebelum presentasi.
  • Seluruh tim yang telah mendaftar dan mengirim proposal bsiness plan diminta untuk tetap membawa presentasi business plannya agar bisa mempersiapkan diri apabila terpilih / masuk dalam 5 finalis.
  • 5 tim terpilih,  mempresentasikan business plan-nya di hadapan dewan juri pada tanggal 19 Juni 2012 di Universitas Borobudur, Jakarta.
  • Peserta yang terbukti melakukan kecurangan dan pelanggaran ketentuan Business Plan Competition akan didiskualifikasi.
  • Berkas business plan yang telah diserahkan akan menjadi milik panitia.
  • Panitia akan menjaga kerahasian proposal bisnis plan peserta.
  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
. Setiap tim wajib menyertakan:
  1. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar (untuk setiap anggota tim)
  2. Fotokopi kartu tanda pengenal (KTP/SIM/Paspor) sebanyak 1 lembar (untuk setiap anggota tim)
  3. Foto Copy Kartu Mahasiswa dari universitas masing-masing (untuk setiap anggota tim)
  4. Surat tugas dan surat rekomendasi Kepala Jurusan (KAJUR) Manajemen.
  5. Formulir pendaftaran dan surat tugas dari HMJ/HIMA dalam bentuk hard copy
  6. Fotokopi bukti transfer rekening bank
  7. Semua dokumen dimasukan kedalam amplop berwarna coklat dan disegel. Di pojok kanan bawah amplop dituliskan NATIONAL BUSINESS PLAN COMPETITION (NBPC) PROPOSAL
  8. Kami akan mengirimkan kabar kepada salah satu anggota tim apabila kami telah menerima berkas dari kelompok anda.
FORMAT PENULISAN BUSINESS PLAN PROPOSAL
  • proposal diketik menggunakan Microsoft Word 2003 atau 2007
  • Format penulisan :
1.                   Font Times New Roman 12pt
2.                   Spasi 1,5
3.                   Margin right-bottom 3 cm dan top-left 4 cm
  • Proposal dibuat semenarik mungkin.
*Softcopy disarankan menggunakan format .pdf


GAMBARAN UMUM LOMBA
National Business Plan Competition terdiri dari 2 babak, yakni babak penyisahan dan babak final.

BABAK PENYISIHAN :
Pada babak ini akan dikumpulkan seluruh business plan proposal yang ikut serta dalam perlombaan ini, kemudian akan melalui proses penjurian dan disaring menjadi 5 proposal bisnis dengan jumlah nilai tertinggi yang akan mengikuti babak final.



Kriteria Penilaian Business Plan Competition
Aspek Penilaian
Bobot

Kesesuaian dengan Tema
10%

Sistematika Penyajian & Detail Pembahasan Business Plan
25 %

Kreatifitas, inovasi,  Ide
30%

Social Responsibility
20%

Potensi Finansial Hasil Inovasi 
15%


Total
100 %





BABAK FINAL :
Pada babak ini kelima tim terbaik akan mempresentasikan proposal bisnisnya dihadapan para juri.
Ketentuan umum pada babak ini adalah :
  • Presentasi dibuat dalam format Microsoft PowerPoint
  • Presentasi dibuat semenarik mungkin
  • Dipersilahkan membawa materi presentasi yang mendukung, seperti contoh produk, contoh instrument pemasaran, video, dll.
  • Setiap tim memiliki waktu 10 menit untuk persiapan tampil, 30 menit untuk presentasi dan 20 menit untuk sesi tanya jawab oleh juri (Total 60 menit).
  • Presentasi disiapkan dalam bentuk softcopy dan hardcopy.
Adapun peraturan selama babak ini berlangsung adalah :
  1. Peserta Lomba harus hadir dan melakukan registrasi paling lambat 15 menit sebelum acara dimulai
  2. Peserta diharuskan membawa identitas diri, yaitu KTM yang masih berlaku untuk keperluan registrasi.
  3. Peserta diwajibkan mengenakan pakain rapih dan sopan, serta menggunakan Jas Almamater.